Tugas Kajian Seni Rupa Desain

 Tugas 1 semiotika pada objek yang ada disekitar kita 

 

Handphone

                Pembahasan kali ini saya akan mencoba menjalaskan pandangan kita mengenai benda yang biasanya sudah kita kenali dan digunakan dalam keseharian di hidup kita. Hanphone / Smartphone merupakan benda yang sudah sering kita gunakan dan sudah menjadi sebuah kebutuhan pada jaman sekarang. Tapi ada pula yang menganggap handphone merupakan barang mewah tambahan yang merupakan hanya sebuah barang keperluan dan bukan barang kebutuhan. Maka dari itu disini saya akan menerangkan “Handphone” dalam teori semiotika.

                Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. Terdapat 3 metode dalam teori semiotika :

1. Semantik: meneliti hubungan tanda-tanda terhadap designatnya,atau lebih tepatnya hubungan antara tanda dengan objek-objek yang dirujuknya atau yang dapat atau bisa disebut  hubungan antara objek dengan tanda

 2. Sintaksis: suatu cabang penyelidikan semiotika yang mengkaji “hubungan formal di antara satu tanda dengan tanda-tanda yang lain”.atau hubungan objek dengan konsep

3. Pragmatik:  suatu cabang penyelidikan semiotika yang mempelajari “hubungan di antara tanda-tanda dengan interpreter-interpreter atau para pemakainya” atau hubungan konsep dengan tanda

     Mengapa seseorang bisa menyatakan handphone merupakan barang kebutuhan dan keperluan. Pada awal mulai berkembangnya penggunaan HP, alat ini digunakan hanya sebagai alat komunikasi  yang praktis untuk berbicara jarak jauh dan mengirim pesan. Di samping itu masih terdapatnya jasa warung telepon (wartel) ataupun telepon umum yang terdapat di sekitar tempat tinggal. Karena hanya masih terfokus dengan fitur komunikasi banyak yang beranggapan komunikasi praktis tanpa kabel tersebut merupakan nilai kemewahan bagi yang memilikinya. Seiring perkembangan zaman, kini barang eltronik juga semakin berkembang pesat. Mulai dari munculnya fitur musik pada HP, lalu fitur kamera dan internet. Mulai dari banyaknya fitur yang muncul dan berkembang, HP yang awalnya merupakan di anggap barang yang hanya diperlukan kini menjadi sebuah barang yang dibutuhkan karena kesesuaian dari zaman yang seringkali menggunakan HP sebagai akses atau sarana untuk melakukan suatu tindakan.

    Perkembangan elektronik ini bisa dikatakan sangat cepat sekali mulai dari HP yang menggunakan sebuah tombol untuk digunakannya hingga HP yang menggunakan fitur “TouchScreen” (layar sentuh) tidak sampai satu generasi dalam perkembangannya bahkan lebih cepat. Dari sini muncul kesenjangan pengetahuan elektronik bagi generasi yang muda dan yang tua. Dari hal usia saja sudah muncul sebuah pandangan yang berbeda. Orang dahulu mungkin tidak membutuhkan HP kecuali untuk komunikasi saja. Berbeda dengan usia yang muda, mereka seringkali menggunakan alat elektronik tersebut untuk berbagai hal sesuai dengan zaman mereka. Ada beberapa dari mereka juga menganggap sebagai media untuk berkomunikasi, sarana bermain dan sarana untuk berkarya.

    Dari satu hal saja terdapat arti yang bermacam pada setiap individu. Bahkan individu yang berbeda generasi (waktu) juga memiliki pengartian yang berbeda lagi. Dalam hal ini sebuah pengartian pada satu hal tidak dapat di generalisi atau di artikan secara umum merata. Perlu suatu faktor/ hal yang bersangkutan untuk dapat di artikannya dengan tepat.

    sekian kajian objek yang saya buat, dan mohon maaf bila ada kesalahan, Terima kasih yang telah meluangkan waktu untuk membaca dan melihat tulisan saya sampai selesai, semoga kalian diberikan kesehatan selalu.

 

 

Komentar